Breaking News

Saturday, April 1, 2017

Berani Mengajar harus Berani Belajar


Guru adalah pelaksana terdepan dalam usaha membangun manusia seutuhnya, guru adalah pihak yang mencetak manusia masa depan dan generasi baru yang bermartabat dan berkualitas tinggi. Guru adalah satu profesi dalam dunia pendidikan yang menuntut orang-orang di dalamnya terus menerus belajar. Finding the new way or tools. Membangun dan berpetualang untuk menemukan bintang-bintang dan menghidupkan sinar dalam diri murid-muridnya.

Mutu dan profesionalitas guru masih menjadi tantangan utama pendidikan nasional, ada banyak kendala yang menyebabkan peningkatan mutu dan profesionalitas tidak juga berhasil dicapai. Salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar para guru. Guru yang tidak memiliki motivasi belajar. Seolah-olah, guru itu bertugas mengajari siswa dan melupakan belajar untuk meningkatkan kompetensi dirinya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat harusnya membuat proses pembelajaran akan menjadi mudah karena materi pelajaran tidak hanya berasal dari buku paket saja tapi bisa diambil dari internet dan ditampilkan dengan sarana multi media. Tapi masalah yang ada selain sarana yang kurang di sekolah tapi juga tidak semua pendidik mampu menggunakan teknologi, apalagi mengakses internet?, banyak pendidik yang belum mampu mengoperasikan perangkat teknologi (laptop, LCD Projektor) kalaupun sudah mampu banyak pendidik yang belum memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media dalam pembelajaran

Untuk mengatasi hal tersebut mau tidak mau seorang guru harus meningkatkan kompetensinya, baik dalam bidang IT dan lain-lain, memotivasi diri untuk terus belajar, beradaptasi dan memanfaatkan teknologi. Banyak cara yang bisa dilakukan baik belajar secara mandiri maupun mengikuti pelatihan-pelatihan secara online ataupun ofline. Dengan menggunakan smartphone kita bisa mengikuti pelatihan-pelatihan online yang banyak diselenggarakan oleh komunitas-komunitas dan pemerhati pendidikan baik melalui group whatsApp ataupun telegram, salah satunya adalah group telegram Abdi Madrasah Indonesia (https://t.me/abdimaindonesia) sebagai tempat belajar dan berbagi untuk meningkatkan potensi guru. Ada juga kelas Blog Guru Madrasah (BGM)  yang diselenggarakan secara online untuk belajar membuat blog.

Tulisan ini penulis maksudkan untuk menyadarkan kita semua, terutama penulis sendiri  untuk terus belajar demi kemajuan pendidikan Indonesia.

“Siapapun yang berani mengajar, harus berani belajar”

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by BeGeEm